Pembangunan Cengkareng Drain II Butuh 10 Tahun

Written By bopuluh on Sabtu, 10 November 2012 | 22.17

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun Kali Cengkareng Drain II. Rencana pembangunan itu terutama ditujukan utuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.

Pembangunan Cengkareng Drain II diperkirakan memakan waktu sampai sepuluh tahun mendatang, mengingat harus dilakukannya pembebasan lahan. Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta Tarjuki mengatakan, kajian pembangunan Kali Cengkareng Drain II sudah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI pada tahun 2008 lalu.

"Namun, kajian itu masih bersifat internal, yaitu menyangkut teknis pengairannya saja. Kami belum melakukan kajian trase yang melibatkan banyak pihak," kata Tarjuki di Jakarta, Minggu (11/11/2012).

Cengkareng Drain II, dikatakan Tarjuki, sebenarnya merupakan kewenangan pemerintah pusat, yaitu Kementerian PU. Pemprov DKI hanya membantu membebaskan tanah, terutama yang berada di wilayah DKI.

"Sedangkan yang masuk Tangerang, ya kewenangan Pemprov Tangerang," kata Tarjuki.

Untuk implementasinya, pembangunan Cengkareng Drain II ini memang perlu melibatkan pihak lain. Seperti dari Tata Kota, Dinas Perumahan, daerah penyangga seperti Kota Tangerang dan Provinsi Banten serta pihak lainnya.

Kehadiran Cengkareng Drain II ini juga akan memotong tiga kali sekaligus, antara lain Kali Angke, Kali Semanan dan Kali Mukevart. Sehingga, aliran di tiga kali ini dapat langsung dialirkan ke laut melalui Cengkareng Drain II.

"Seharusnya, Kali Pesanggrahan juga akan disodet namun kalau dilakukan banyak risiko. Karena jangkauannya terlalu jauh dan banyak pemukiman yang dibebaskan," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan pembangunan Cengkareng Drain untuk pencegahan banjir di Jakarta. Oleh karena, lahan yang akan digunakan ini berada di dua wilayah, yaitu Jakarta dan Tangerang. Jokowi pun melakukan koordinasi dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Pembangunan Cengkareng Drain II Butuh 10 Tahun

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2012/11/pembangunan-cengkareng-drain-ii-butuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pembangunan Cengkareng Drain II Butuh 10 Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pembangunan Cengkareng Drain II Butuh 10 Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger