Pemerintah Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Perumahan Veteran

Written By bopuluh on Senin, 12 November 2012 | 22.17

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada 2013 menganggarkan Rp 150 miliar untuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi para veteran di seluruh Indonesia. Sebelumnya, dana BSPS hanya sekitar Rp 11 juta, sedangkan tahun depan sekitar Rp 15 juta per unit rumah tidak layak yang dihuni para veteran.

"Tahun 2013 kami telah menganggarkan sekitar Rp 150 miliar dana BSPS untuk sekitar 10.000 unit rumah veteran di seluruh Indonesia," kata Deputi Menteri Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera Jamil Ansari, dalam rilis Humas Kemenpera di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Untuk pelaksanaan anggaran tersebut, lanjut Jamil, Kemenpera akan bekerja sama dengan DPP Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) maupun Kementerian Pertahanan untuk proses pendataan veteran yang berhak menerima bantuan tersebut. Hal ini dinilai dapat lebih mengefektifkan proses pendataan dan pengawasan penyaluran bantuan kepada para veteran di seluruh Indonesia.

"Pada 2012 kami menganggarkan bantuan Rp 11 juta untuk sekitar 1.300 unit rumah veteran di seluruh Indonesia," katanya.

Ia memaparkan, ada dua jenis bantuan diberikan untuk para veteran, yaitu bagi veteran yang masih memiliki keluarga dan yang sudah tak lagi memiliki keluarga. Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama ini mencakup antara lain perumusan prosedur pendataan, pemberdayaan, fasilitasi dan pengawasan, serta fasilitasi bantuan dana BSPS untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 1.300 unit rumah.

Sebelumnya, Kemenpera menginginkan supaya koordinasi berbagai perumahan dengan pihak pemerintah daerah dapat diperkuat untuk mengatasi permasalahan backlog (kekurangan perumahan) di berbagai wilayah.

"Kami ingin agar seluruh program perumahan dan kawasan permukiman serta koordinasi dengan pemerintah daerah di 33 provinsi di tanah air dapat berjalan dengan baik," kata Sekretaris Kemenpera, Iskandar Saleh.

Menurut dia, Kemenpera ke depan menginginkan agar koordinasi tersebut dapat diperkuat selaras dengan kegiatan sosialisasi UU No 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dan UU No 20/2011 tentang Rumah Susun untuk meningkatkan penyediaan perumahan bagi masyarakat di daerah.

Sesmenpera juga telah melakukan inventarisasi aset rumah susun sederhana sewa (rusunawa) ke sejumlah lokasi di Provinsi Kepulauan Riau dengan mengunjungi antara lain rusunawa Muka Kuning, rusunawa Kabil, rusunawa Mapolda Kepri di Batam dan Mabes TNI AL di Tanjung Uban, Bintan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Perumahan Veteran

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2012/11/pemerintah-anggarkan-rp-150-miliar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Perumahan Veteran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Perumahan Veteran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger