Asyiknya, "Membuat Restoran" untuk Jamuan Natal Keluarga!

Written By bopuluh on Kamis, 20 Desember 2012 | 22.17

KOMPAS.com - Berkumpul dan bersantap bersama keluarga dapat menambah dinamika dan mempererat hubungan antaranggota keluarga. Karena itulah, jadikan perayaan Natal kali ini lebih berkesan dengan makan malam istimewa bersama keluarga.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pergi ke restoran. Namun, cobalah "membawa" suasana restoran ke rumah Anda dengan memasang dekorasi serta penataan meja makan ala restoran.

Sebenarnya, hal itu tidak terlalu sulit diwujudkan. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mendekor ruang makan dan memasak beberapa menu yang terdiri dari menu pembuka, menu utama, dan menu penutup yang lezat. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Kreasi warna

Pertama-tama, dekor ruang makan Anda dengan satu tema warna yang Anda inginkan. Kemudian, sebarkan warna-warna ini pada taplak meja, lilin, perlengkapan makan, dan ornamen seperti centerpiece. Umumnya, Natal identik dengan warna merah dan hijau. Namun, Anda bisa berkreasi dan memilih warna-warna yang Anda sukai.

Centerpiece

Anda dapat membuat sendiri centerpiece Anda. Salah satunya dengan membuat pohon Natal berukuran kecil dari kertas, menghias tempat lilin dengan hiasan gliter, menata tumpukan jeruk yang telah dihiasi dengan cengkeh di atas piring kue, atau memajang rangkaian bunga mawar putih yang bagian airnya dipenuhi dengan buah cranberry.

Jangan lupa, buat juga place card atau kartu berisi nama tamu-tamu Anda. Tempatkan kartu ini di atas piring makan yang sudah diatur beserta peralatan makan lainnya. Selain menambah estetika, fungsi kartu ini juga untuk memudahkan tamu Anda mengetahui tempat duduk mereka.

Sebagai tambahan estetika, Anda dapat memanfaatkan bentuk place card unik sebagai salah satu ornamen meja. Dalam sebuah kutipan yang dilansir oleh situs Marthastewart.com, misalnya, konsultan etiket Pamela Hillings mengatakan, ketika Anda menyadari bahwa pengaturan meja berdasarkan pada logika, hal-hal ini akan menjadi lebih ringan.

Alur makan

Benar saja. Menurut pengarang buku "Manners in a Minute: Dining" tersebut, mengatur meja makan dengan gaya formal dining sebenernya sesuai dengan alur makan Anda. Anda akan mulai makan dengan menggunakan sendok dan garpu yang disusun paling luar. Berganti menu, berganti pula peralatan makan yang Anda gunakan. Urutannya dari luar ke dalam.

Selain itu, gelas bertangkai diatur di atas kanan piring makan Anda. Sementara itu, piring roti berada di bagian atas kiri dari piring makan Anda.

Harus diingat, bahwa bagian bawah sendok garpu yang ada di kanan dan kiri piring Anda harus sejajar. Kaca air berdiri di atas anggur makan pisau, anggur putih berada di sebelah kanan gelas air, dan anggur merah berada di atas jeda antara gelas berisi air dan anggur putih.

Masih terkesan terlalu rumit? Tenang saja! Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih Anda tanpa perlu khawatir melakukan kesalahan dalam penataan meja. Bagaimanapun juga, toh Anda menyantap makan malam di rumah Anda sendiri, bukan di restoran mewah.

Selamat merayakan Natal!

(Sumber: http://www.hgtv.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Asyiknya, "Membuat Restoran" untuk Jamuan Natal Keluarga!

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2012/12/asyiknya-restoran-untuk-jamuan-natal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Asyiknya, "Membuat Restoran" untuk Jamuan Natal Keluarga!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Asyiknya, "Membuat Restoran" untuk Jamuan Natal Keluarga!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger