Banjir Masih Rendam Australia

Written By bopuluh on Senin, 28 Januari 2013 | 22.17

SYDNEY, KOMPAS.com - Tim penyelamat terus bekerja untuk mengevakuasi orang yang terjebak banjir besar di dua negara bagian Australia.

Di Queensland, lebih dari 1.000 orang keluar dari kota Bundaberg karena luapan Sungai Burnett merendam 2.000 rumah.

Di New South Wales ada kekhawatiran Sungai Clarence yang telah menyentuh rekor ketinggian bisa membanjiri kota Grafton.

Badai Tropis Oswald, yang menyebabkan banjir kini dilaporkan mengarah ke kawasan selatan laut Sydney.

Empat orang dinyatakan tewas dalam insiden cuaca buruk ini, korban terbaru adalah seorang balita yang tewas tertimpa pohon di Brisbane, Senin kemarin.

Bencana ini datang dua tahun setelah banjir parah menghantam selatan Queensland, termasuk ibukota negara bagian, Brisbane, yang menewaskan 35 orang dan puluhan ribu rumah terendam banjir. 

Situasi Berbahaya

Banyak warga yang dievakuasi karena terjebak banjir.

Di Bundaberg, Sungai Burneet mencapai ketinggian 9,475m dan meningkat perlahan, Badan Meteorologi dalam sebuah pernyataan memperkirakan ketinggian bisa mencapai 9,6 meter - lebih tinggi 1,5

meter dari tingkat banjir Desember 2010 silam.

"Tingkat banjir ini akan menjadi yang tertinggi di kawasan Bundaberg dan Burnett,'' kata Menteri Polisi Queensland Jack Dempsey.

"Prioritas utama di lapangan saat ini adalah menyelamatkan jiwa dan kami memohon dengan sangat bagi warga untuk pergi ke tempat tertinggi, dengarkan arahan tim penyelamat.''

Sekitar 7.500 orang dilaporkan telah meninggalkan kota tersebar di lebih dari 1.500 pusat evakuasi.

Helikopter penyelamat telah mengangkut lebih dari 1.000 orang yang terdampar akibat banjir ditengah-tengah kekhawatiran rumah mereka akan tersapu air bah.

"Saya rasa keberanian awak udara dan helikopter, baik sipil dan pasukan keamanan yang bekerja sepanjang hari hingga malam untuk menyelamatkan orang dalam situasi yang sulit menjadi penyelamat hari,'' kata Premier Queensland Campbell Newman.

Dua pesawat udara angkatan udara juga digunakan untuk mengevakuasi pasien dari rumah sakit setempat dan Perdana Menteri Julia Gillard mengatakan 100 tentara dikerahkan untuk membantu.

Di Brisbane, kawasan rendah di pusat bisnis tergenang air tetapi dampak di kawasan pemukiman lebih kecil dari yang diperkirakan.

Di New South Wales, sejumlah bagian yang terimbas badai tropis, sekitar 2.500 orang diminta untuk dievakuasi karena tanggul terancam jebol.

"Kita dalam situasi berbahaya yang membutuhkan respon cepat dan saya rasa hal terbaik yang bisa dilakukan adalah evakuasi,'' kata Walikota Richie Williamson.


Anda sedang membaca artikel tentang

Banjir Masih Rendam Australia

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/01/banjir-masih-rendam-australia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banjir Masih Rendam Australia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banjir Masih Rendam Australia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger