Koperasi Warga Semen Gresik Incar Omset Rp 2,14 Triliun

Written By bopuluh on Rabu, 30 Januari 2013 | 22.17

GRESIK, KOMPAS.com — Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) akan menargetkan omzet Rp 2,14 triliun pada 2013 setelah pada tahun sebelumnya mencapai Rp 1,74 triliun.

Upaya lain koperasi ini adalah ingin masuk dalam Kompetisi Koperasi Sedunia. Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, pada peringatan 50 tahun KWSG di Gresik, Kamis (31/1/2013), mengatakan, pihaknya terus mendorong perkembangan KWSG agar bisa menjadi koperasi dengan pengelolaan yang semakin profesional dan berdaya saing.

Terlebih lagi pada 2012, KWSG berhasil membagikan sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp 65,5 miliar. Tahun 2013, seiring dengan kinerja yang melesat, pembagian SHU kepada anggota ditargetkan naik menjadi Rp 85 miliar.

"Kami akan terus mendorong KWSG untuk melakukan investasi guna mengembangkan bisnis sehingga bisa mempertahankan predikat sebagai koperasi terbaik dan terbesar di Indonesia," ujar Dwi.

Pada 2012, KWSG berhasil merealisasikan nilai investasi sebesar Rp 75 miliar dan tahun 2013 nilai investasi diperkirakan naik 140 persen menjadi Rp 180 miliar. Dana itu digunakan oleh koperasi yang berdiri sejak 1963 tersebut untuk ekspansi pembukaan gerai guna memperkuat bisnis.

Rencana lain investasi KWSG adalah pembukaan kantor dan garasi ekspedisi di Tuban, toko Vmart yang menjual barang konsumsi di Tuban, serta kantor dan gudang perdagangan bahan bangunan di delapan kota, yakni Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, Tegal, Rembang, Semarang, Bekasi, dan Depok.

Bidang usaha utama KWSG adalah pendistribusian produk Semen Indonesia. Selain gudang di kota-kota besar di Indonesia, mereka juga memiliki ratusan truk untuk distribusi semen ke pelosok Indonesia.

Dwi menambahkan, KWSG didesain sebagai prototipe koperasi modern yang selalu responsif dengan peluang bisnis baru.

"KWSG tak hanya mengandalkan pasar utama di lingkungan Semen Indonesia. Justru kontribusi non-anggota dalam struktur pendapatan atau transaksi sudah mendominasi dibanding dari anggota sehingga semakin menyejahterakan anggotanya," ujarnya.

Dalam usia emasnya, KWSG mencatat prestasi penting setelah ditunjuk menjadi duta Indonesia dalam kompetisi global 300 koperasi sedunia. Kompetisi bergengsi tersebut diikuti oleh koperasi besar di seluruh dunia.


Anda sedang membaca artikel tentang

Koperasi Warga Semen Gresik Incar Omset Rp 2,14 Triliun

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/01/koperasi-warga-semen-gresik-incar-omset.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Koperasi Warga Semen Gresik Incar Omset Rp 2,14 Triliun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Koperasi Warga Semen Gresik Incar Omset Rp 2,14 Triliun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger