Penjualan Mobil di Australia Capai 1,1 Juta Unit

Written By bopuluh on Kamis, 03 Januari 2013 | 22.17

Penjualan Mobil di Australia Capai 1,1 Juta Unit

Penulis : L Sastra Wijaya | Jumat, 4 Januari 2013 | 12:56 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Angka penjualan mobil baru di Australia di tahun 2012 mencapai 1.1 juta, mengalami kenaikan 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan jumlah penduduk tidak lebih dari 25 juta, kepemilikan mobil di Australia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Angka resmi menunjukkan bahwa ini adalah untuk tahun kelima berturut-turut dalam 6 tahun terakhir angka penjualan mobil melebihi 1 juta unit. Ini juga adalah angka tertinggi setelah angka 1 juta dilampaui pertama kalinya di tahun 2007 demikian menurut laporan news.com.au hari Jumat (4/1/2013).

Selama bertahun-tahun perusahaan mobil lokal Holden mendominasi dan bersaing ketat dengan Ford dalam angka penjualan.  Namun di tahun 2012, untuk pertama kalinya dalam 100 tahun terakhir, mobil impor menjadi favorit bagi warga Australia.

Mazda3 mengalahkan Toyota Hilux untuk menjadi mobil paling populer untuk tahun kedua berturut-turut. Di tahun 2011, Mazda3 menyisihkan Holden Commodore untuk pertama kalinya, padahal Commodore mendominasi tempat pertama penjualan mobil di Australia selama 15 tahun berturut-turut sebelumnya. Holden Commodore sekarang turun ke tempat keempat, karena Toyota Corolla yang banyak dibeli dalam beberapa bulan terakhir berada di peringkat ketiga.

Menurut news.com.au, ini adalah untuk pertama kalinya sejak awal 1900-an, mobil yang dibuat di dalam Australia sendiri tidak masuk dalam tiga besar.     

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, para ahli sejarah permobilan juga mengatakan bahwa "kemenangan" Mazda3 tahun lalu merupakan yang pertama kalinya mobil impor menduduki peringkat pertama penjualan mobil terbanyak di Australia sejak Perang Dunia 1.

Mazda menjadi mobil impor pertama di Australia yang penjualannya melebihi 100 ribu kendaraan dalam setahun. Secara keseluruhan, Toyota menjadi merek terbesar dalam penjualan untuk tahun ke-10 berturut-turut, dengan penjualan mencapai 218 ribu.

Menurut Direktur Eksekutif Kamar Dagang Industri Omototif Federal (FCAI), Tony Weber, angka penjualan ini betul-betul terjadi dan bukannya angka yang direkayasa oleh industri otomotif.     

"Australia terhindar dari krisis ekonomi global dan dengan produksi mobil dimulai lagi di Thailand dan Jepang, industri otomotif bisa merespon keinginan publik membeli." kata Weber kepada wartawan di Sydney. "Angka tahun 2012 merupakan kombinasi faktor-faktor tersebut. Angka penjualan ini angka yang valid," tambah Weber.  


Anda sedang membaca artikel tentang

Penjualan Mobil di Australia Capai 1,1 Juta Unit

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/01/penjualan-mobil-di-australia-capai-11.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penjualan Mobil di Australia Capai 1,1 Juta Unit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penjualan Mobil di Australia Capai 1,1 Juta Unit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger