Rebutan Ruang Kelas, Siswa Belajar di Halaman

Written By bopuluh on Minggu, 20 Januari 2013 | 22.17

AMBON, KOMPAS.com - Aktivitas belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri 69, Kelurahan Silale, Kecamatan Sirimau, Ambon, tampak berbeda dengan aktivitas sekolah-sekolah lain pada umumnya. Bagaimana tidak, puluhan siswa di SD ini terpaksa belajar di halaman sekolah mereka karena, ruang kelas yang mestinya dipakai untuk belajar tidak dapat digunakan.

Pasalnya, pihak sekolah lain yang juga menempati sekolah tersebut, tidak mengizinkan siswa SDN 69 memakai ruang sekolah tersebut. Pantauan Kompas.com di sekolah tersebut, Senin (21/1/2013) puluhan siswa terpaksa belajar di halaman sekolah. Mereka duduk beralaskan koran, sambil menulis dan memperhatikan guru mereka memberikan pelajaran.

Para siswa inipun hanya bisa menulis di atas lantai kasar pelataran sekolah dengan bertumpu pada kedua tangan. Umumnya, para siswa mengaku, tidak dapat menerima pelajaran dengan baik, karena kondisi cuaca yang sangat panas.

"Kalau belajar di luar kelas, udaranya sangat panas, dan sesekali juga hujan, sehingga sangat mengganggu proses belajar kita," kata Fauzia Ahmad, salah satu murid SDN 69.

Salah satu wali kelas di SDN 69 Bae Nigara Hurasan mengatakan, sengketa ruang kelas di sekolah tersebut sudah berlangsung selama setahun, antara SD 69 dan SD 30. Sengketa tersebut mengakibatkan, puluhan siswa dirugikan karena kerap kali tidak dapat mengikuti belajar dengan baik. Puncaknya, kata Bae, para siswanya terpaksa belajar di halaman sekolah dalam kondisi kepanasan karena ruang kelas di gembok.

Bae mengungkapkan, persoalan sengketa ruang kelas ini sudah beberapa kali disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Ambon, namun tidak pernah ditindaklanjuti. "Kami berharap masalah ini dapat segera diselesaikan, sehingga siswa tidak lagi dikorbankan," harapnya.

Di bangunan sekolah ini ada empat sekolah yang menjalankan proses belajar mengajar, yakni SD 69, SD 68 , SD 30, dan SD 19, dua sekolah menjalankan proses belajar mengajar di pagi hari, dan dua sekolah lagi di siang hari.

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Rebutan Ruang Kelas, Siswa Belajar di Halaman

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/01/rebutan-ruang-kelas-siswa-belajar-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rebutan Ruang Kelas, Siswa Belajar di Halaman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rebutan Ruang Kelas, Siswa Belajar di Halaman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger