Djoko: Sepeda Motor Masuk Tol Masih Wacana

Written By bopuluh on Selasa, 12 Februari 2013 | 22.17

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjelaskan, rencana sepeda motor untuk bisa masuk ke jalur jalan tol masih sebatas wacana. Saat ini pihaknya masih melakukan kajian.

"Sepeda motor yang masuk jalan tol ini nantinya tidak boleh bercampur dengan jalur mobil, sehingga diperlukan pembuatan jalur khususnya. Ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan antara mobil dan sepeda motor," kata Djoko selepas Rapat Koordinasi tentang Peningkatan Investasi dan Ekspor di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Menurut Djoko, perlu kajian mendalam untuk bisa merealisasikan sepeda motor masuk ke jalan tol. "Kita sedang evaluasi, legalnya bisa apa tidak, motor masuk jalan tol," tambahnya.

Sayang Djoko masih enggan memerinci rencana tersebut, termasuk dampak positif dan negatif dari rencana ini.

Kementerian Pekerjaan Umum sendiri masih mengkaji Peraturan Pemerintah atas rencana tersebut. Selama ini, aturan tersebut sudah diberlakukan di tol Suramadu. Tapi nantinya, pihaknya juga akan membatasi jumlah sepeda motor yang bisa masuk jalan tol tersebut.

"Kita lihatlah dulu, apa bisa ada jalur khusus itu didalam tol lainnya," sambung Djoko.

Ia menegaskan, aspek utama dalam mengatur sepeda motor lewat jalan tol adalah bukan mungkin atau tidak mungkin, tetapi masalah safety atau keselamatan yang harus dipikirkan secara cermat.

Djoko mengatakan, berkaca pada gaya pengendara motor yang mengendarai motonya di jalan arteri, banyak yang ugal-ugalan. Jadi, Ia berkesimpulan kalau memang harus masuk tol, maka harus ada jalur khususnya.

Sebelumnya, ide sepeda motor masuk jalan tol muncul dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan yang meminta kepada PT Jasa Marga Tbk (JSMR) untuk melakukan studi agar sepeda motor bisa masuk jalan tol di Jakarta.

Dahlan usul agar disediakan jalur khusus untuk sepeda motor dengan memanfaatkan sayap-sayap jalan tol yang sudah ada saat ini.

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Djoko: Sepeda Motor Masuk Tol Masih Wacana

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/02/djoko-sepeda-motor-masuk-tol-masih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Djoko: Sepeda Motor Masuk Tol Masih Wacana

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Djoko: Sepeda Motor Masuk Tol Masih Wacana

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger