Ketela Cimanggu Siap Panen

Written By bopuluh on Kamis, 14 Februari 2013 | 22.17

Ketela Cimanggu Siap Panen

Penulis : Winarto Herusansono | Jumat, 15 Februari 2013 | 13:08 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Petani ketela di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai panen ketela jenis Cimanggu. Harga pasaran ketela jenis ini di tingkat petani sebesar Rp 1.500  sampai Rp 1.700 per kilogram. "Ketela Cimanggu ini jenis unggul. Sekali panen satu pohon bisa menghasilkan 10 kilogram ketela," kata Yahya Haryoko, seorang petani ketela menjelaskan soal panen, Jumat (15/2/2013) di Semarang, Jawa Tengah.

Panen ketela kali ini termasuk bagus, tidak ada hama yang menyerang tanaman petani. Sentra ketela Cimanggu di Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Magelang. Di sentra Margoyoso, sedikitnya seluas 50 hektar tanaman ketela yang siap panen. Di lokasi ini saja, petani akan menghasilkan minimal 100 ton ketela.

Yahya Haryoko mengatakan, ketela Cimanggu menjadi bahan tepung kasawa, tepung yang banyak digunakan untuk industri makanan. Hanya saja, petani masih belum mampu mengolahnya. Bila petani bisa menjual ketela dalam bentuk tepung, harga jual lebih tinggi. Perlu alat pengolah ketela menjadi tepung, harga peralatan pengolah itu paling murah Rp 55 juta per unit.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ketela Cimanggu Siap Panen

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/02/ketela-cimanggu-siap-panen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ketela Cimanggu Siap Panen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ketela Cimanggu Siap Panen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger