7800 Pohon Ditanam di TNGHS

Written By bopuluh on Sabtu, 30 Maret 2013 | 23.17

SUKABUMI, KOMPAS.com - Penanaman pohon yang semula cuma dalam permainan diwujudkan menjadi kenyataan. Sabtu (30/3/2013), 31 orang anggota situs web www.greenweb.co.id (Greenweb) dan mengikuti permainan online "Pohon Kita" di situs web itu menanam pohon untuk restorasi kawasan.

Lokasi penanaman pohon dari aplikasi 'Pohon Kita' bertempat di hutan koridor yang ada di antara Gunung Halimun dan Gunung Salak (TNHGS) yang kondisinya tergolong kritis. Tepatnya, lokasi ada di kawasan TNGHS di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi.

Sebanyak 7.800 pohon ditanam atas kontribusi member greenweb melalui program permainan online 'Pohon Kita'. Pohon-pohon itu ditanam pada lahan seluas 15 hektar.

Penanaman ini merupakan bagian dari program konservasi Green Coridor Initiative (CGI) yang digagas Chevron Geotherma Salak bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Balai TNGHS), Yayasan Kehati, Jaringan Masyarakat Koridor (Jarmaskor) dan lainnya.

"Hutan koridor dipilih karena peran ekologisnya sebagai jalur migrasi hewan, terutama untuk hewan arboreal seperti Owa Jawa," kata Dali Sadli Mulia, Project Manager Green Coridor Initiative Chevron.

"Sekilas hutan ini tampak hijau dan rapat. Namun untuk hutan sekelas taman nasional, kondisi hutan koridor tergolong kritis karena didominasi oleh tumbuhan semak dan perdu yang membuat hewan arboreal sulit untuk melintas," lanjutnya.

Jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon asli (indigenous spesies) di hutan koridor TNGHS seperti Rasamala, Huru, Honje, Manglid Baros dan Saninten. Ini dilakukan untuk meminimalisir 'serangan' invasive spesies terhadap ekosistem hutan tersebut.

"Diharapkan kelak pohon-pohon yang ditanam ini dapat menggantikan jenis tumbuhan invasive spesies yang banyak terdapat di lokasi ini, seperti pohon damar yang bukan spesies asli hutan ini yang ditanam saat lahan ini masih dibawah pengelolaan Perhutani dulu" ujar Dayat Hidayat, Anggota Jarmaskor (Jaringan Masyarakat Koridor).

Sondang Sidabutar, salah seorang member greenweb dari Poso yang juga pemenang kompetisi permainan 'Pohon Kita' mengatakan, program Greenweb dapat mengajak masyarakat untuk ikut aktif menanam pohon meski cara penanamannya awalnya secara virtual.

"Program ini menarik karena ketika kita menanam di hutan virtual, ternyata pohon yang kita tanam di sana, ditanam juga di hutan yang nyata. Program ini bagus dan harus terus dijalankan. Kedepannya, kalau bisa diintegrasikan lagi dengan aspek lainnya, misalnya budaya," papar Sondang.

Melalui permainan 'Pohon Kita', Sondang berkontribusi dalam restorasi hutan koridor dengan menanam pohon sebanyak 1261 pohon. Jumlah itu ia dapat berkat bantuan dan kerjasama teman-temannya di Poso yang tertarik dan akhirnya ikut aktif dalam permainan tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

7800 Pohon Ditanam di TNGHS

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/03/7800-pohon-ditanam-di-tnghs.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

7800 Pohon Ditanam di TNGHS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

7800 Pohon Ditanam di TNGHS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger