Simulasi, Teroris Bom Pusat Reaktor Nuklir

Written By bopuluh on Senin, 22 April 2013 | 23.17

Simulasi, Teroris Bom Pusat Reaktor Nuklir

Penulis : Dian Maharani | Selasa, 23 April 2013 | 13:06 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Kawanan teroris menyerang Pusat Reaktor Nuklir di lingkungan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Indonesia (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (23/4/2013). Mereka berhasil meledakan bom di rumah pompa. Kemudian, bom kedua meledak keras dan menghancurkan pos penjagaan. Hal itu merupakan simulasi penindakan terorisme yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Pusat Reaktor Nuklir.

"Bom di rumah pompa menimbulkan kebocoran radiokatif berbahaya di sekitar lokasi nuklir," kata Koordinator Simulasi BNPT Mayor CZI Robert Eryanto, saat memberi keterangan simulasi.

Sekelompok teroris juga menyandera para ahli nuklir Indonesia yang sedang melakukan penelitian. Tak lama setelah itu, tim antiteror Polri melakukan penyergapan ke lokasi. Baku tembak pun terjadi antara petugas dan pelaku yang tidak mau menyerahkan diri. Setelah baku tembak itu, kawanan teroris yang berjumlah enam orang berhasil dilumpuhkan.

Pembagian tugas dilakukan antara tim dari Polri dan TNI. Pemadam kebakaran dan tim dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) juga langsung diturunkan setelah pelaku teroris ditangkap. Untuk menghindari bahaya radiasi pada tubuh, pelaku dan petugas kemudian disterilkan dengan mencuci kaki dan membuka pakaian mereka.

"Mereka melakukan proses pembersihan dari kontaminasi radioaktif," kata Robert.

Tak hanya itu, kendaraan yang memasuki lokasi juga disemprot dengan air bersih agar steril dari bahaya radiasi. Proses itu pun selesai setelah semua dinyatakan aman terkendali dari kontaminasi radioaktif. Robert menjelaskan, ada sekitar 300 personel yang terlibat dalam simulasi itu. Simulasi berlangsung selama kurang lebih satu jam mulai pukul 10.00.

Simulasi yang bekerja sama dengan BATAN, BAPETEN dan International Atomic Energi Association (IAEA) dilakukan untuk meningkatkan kualitas penanganan terorisme di Indonesia. Sebab, terorisme dapat menyerang siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Simulasi, Teroris Bom Pusat Reaktor Nuklir

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/04/simulasi-teroris-bom-pusat-reaktor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Simulasi, Teroris Bom Pusat Reaktor Nuklir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Simulasi, Teroris Bom Pusat Reaktor Nuklir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger