Inilah Gedung Teater Termahal di Dunia!

Written By bopuluh on Sabtu, 04 Mei 2013 | 23.17

KOMPAS.com - Rusia adalah negara yang memiliki sejarah panjang seni pertunjukan teater. Tak heran jika negeri ini punya gedung teater yang sangat popular di dunia yakni Teater Mariinsky di kota St Petersburg. Gedung ini dibangun pada abad 19, dan telah melahirkan sejumlah karya terkemuka seperti Sleeping Beauty milik Tchaikovsky.

Semua hal yang Anda butuhkan dari sebuah teater, ada di sini. Gedung ini merupakan perpaduan seni dan pesona teknologi modern.

-- Vladimir Putin

Nah, berdampingan dengan Mariinsky, Rusia membangun gedung baru senilai 700 juta dollar AS atau setara Rp 6,796 triliun. Sangat fantastis untuk ukuran sebuah gedung teater. Sehingga menimbulkan ragam komentar dan sejumlah kritik pedas dari budayawan ternama seperti Mikhail Piotrovsky dan sutradara Alexander Sokurov. Menurut mereka bangunan tersebut laiknya pusat belanja modern yang terputus hubungannya dengan bangunan abad 19 lainnya yang bertebaran di ibukota Rusia itu.

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin punya jawaban atas sejumlah kritik tersebut. Menurutnya gedung Mariinsky terbaru ini dapat mengakomodasi semua kebutuhan seni dan budaya Rusia. "Semua hal yang Anda butuhkan dari sebuah teater, ada di sini," imbuhnya saat peresmian gedung ini Kamis lalu (2/5/2013) waktu setempat. Menurut Putin, direktur teater telah sukses menjaga tradisi opera dan balet Rusia serta menciptakan kondisi bagi komunitas ini untuk berkembang sempurna. Rusia membutuhkan nafas kehidupan yang panjang untuk memajukan teater. Oleh karena itu, Rusia ingin gedung teater ini hidup, agar semua orang di dunia tertarik dan bisa merasakan pesona teknologi akustik modern.

Seperti dilaporkan situs BBC.co.uk, gedung ini menempati lahan seluas 24.000 meter persegi. Konstruksi fondasinya menggunakan batu kapur dan diklaim sebagai proyek bangunan kebudayaan termahal di dunia. Arsitek asal Kanada, Diamond and Schmitt Associates ditunjuk Rusia mengerjakan rancangan gedung ini.

Bangunan ini merupakan impian direktur teater Valeru Gergiev. Ia ingin membuat Saint Petersburg sebagai ibukota internasional untuk musik, yang sebelumnya sudah menciptakan sebuah gedung konser Mariinsky.

"Kita tidak pernah memiliki sebuah ruang dengan akustik yang luar biasa di Rusia. Saya rasa sekarang kita memiliki salah satu gedung opera terbaik di dunia,'' tambahnya. Di malam pembukaan, Gergiev juga memimpin orkestra yang menampilkan penyanyi tenor asal Spanyol Placido Domingo, yang menyanyikan lagu Wagner, dan balerina terkemuka asal Rusia Ulyana Lopatkina yang menampilkan karya Tchaikovsky.


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Gedung Teater Termahal di Dunia!

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/05/inilah-gedung-teater-termahal-di-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Gedung Teater Termahal di Dunia!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Gedung Teater Termahal di Dunia!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger