BPBD Sulut Siap Hadapi Bencana Lokon

Written By bopuluh on Selasa, 27 November 2012 | 22.17

BPBD Sulut Siap Hadapi Bencana Lokon

Penulis : Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol | Rabu, 28 November 2012 | 13:18 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara menyatakan kesiapannya dalam menghadapi dampak bencana Lokon pascaletusan dan kemungkinan letusan susulan, Rabu (28/11/2012)

"Berbagai fasilitas peralatan dan logistik disiapkan sesuai kebutuhan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Utara Hoyke Makarawung.

Begitu pula BPBD kabupaten/kota yang terkena dampak debu Lokon diminta untuk segera menyalurkan bantuan yang diperlukan. Siaga Lokon sudah dilakukan sejak pagi setelah terjadi letusan pada pukul 10:05 WITA. Letusan tadi mengeluarkan debu vulkanis yang mencapai 3 kilometer dari Kawah Tompaluan dan condong mengarah ke barat daya ke Kecamatan Tombariri dan Tanawangko.

Beruntung hujan turun setelah itu, sehingga dampak debu tidak terlalu terasa. Saat ini menurut Makarawung BPBD Sulut terus berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk memonitoring serta memantau situasi. "Kami juga telah merekomendasi agar warga tidak beraktivitas pada radius yang berbahaya 2,5 kilometer dari kawah," ujar Makarawung.

Gunung Lokon tadi pagi sekitar pukul 10.05 Wita meletus dahsyat, yang mengagaetkan warga Tomohon. Tinggi letusannya hingga 3.500 meter terlihat dari arah Manado. 

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

BPBD Sulut Siap Hadapi Bencana Lokon

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2012/11/bpbd-sulut-siap-hadapi-bencana-lokon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BPBD Sulut Siap Hadapi Bencana Lokon

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BPBD Sulut Siap Hadapi Bencana Lokon

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger