Pura-pura Pesan Nasi Rames, Penipu Gasak Rp 25 Juta

Written By bopuluh on Jumat, 25 Januari 2013 | 22.17

Pura-pura Pesan Nasi Rames, Penipu Gasak Rp 25 Juta

Penulis : Robertus Belarminus | Sabtu, 26 Januari 2013 | 13:01 WIB

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Jajaran Polres Jakarta Utara menunjukkan empat tersangka dan ratusan barang bukti berupa kartu ATM dan aneka buku tabungan saat rilis kasus penipuan melalui telepon di Kantor Polres Jakarta Utara, Selasa (4/12). Lewat pengungkapan kasus tersebut, polisi juga mengungkap perdagangan buku dan ATM tabungan dengan identitas palsu yang biasa digunakan untuk tindak kejahatan.

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Gara-gara tergiur pesanan nasi rames ratusan boks, Nydia Teresa Susanto, warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat menjadi korban penipuan. Uangnya Rp 25 juta, tanpa ia sadari, berpindah dari rekening tabungannya ke rekening penipu.

Kepala Subag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Aswin, menuturkan, kejadian berawal saat korban mendapat pesanan nasi rames dari seseorang yang mengaku bernama Dian, Kamis (24/1/2013). Pemesan yang ternyata penipu itu memesan 230 boks nasi rames. "Menurut keterangan korban, dia ditelepon orang yang mengaku bernama Dian, dan memesan nasi rames dan dibuatkan sebanyak 230 boks. Pelaku berjanji akan membayar kepada korban dengan cara transfer via bank dan meminta nomor rekening," kata Aswin, di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Sabtu.

Nydia pun percaya saja dan menuruti permintaan pelaku. Setelah nasi rames selesai dibuat, korban meminta pemesan melakukan transfer pembayaran. Komunikasi antara kedua hanya dilakukan via telpon seluler. Si penipu mengelabui korban dengan mengatakan bahwa uang pembayaran nasi rames sudah ditransfer.

"Setelah di cek oleh korban di ATM Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, uang pembayarannya belum masuk. Korban pun menghubungi pelaku lagi," kata Aswin.

Korban yang masih berada di ATM kemudian diarahkan si penipu untuk melakukan sejumlah registrasi melalui ATM. Namun bukannya mendapatkan pembayaran, uang milik korban justru berpindah dari rekeningnya karena menuruti perintah pelaku. "Korban diarahkan ke mesin ATM terdekat dan dibimbing untuk registrasi terlebih dahulu namun justru uang korban yang berpindah. Waktu korban menghubungi pelaku, HP-nya sudah tidak aktif," kata Aswin.

Nydia kemudian sadar kalau dirinya telah tertipu. Uangnya sebanyak Rp 25 juta raib, tanpa ia sadari uang itu masuk di rekening pelaku. Korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Metro Jakarta Selatan.

Polisi kini masih melakukan penyelidikan terhadap kasus itu. Aswin menghimbau masyarakat agar tidak mudah menyerahkan nomor rekening, atau diarahkan ke mesin ATM terdekat oleh orang yang belum dikenal dengan iming-iming atau janji hadiah dan pesanan apapun.

Editor :

Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Pura-pura Pesan Nasi Rames, Penipu Gasak Rp 25 Juta

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/01/pura-pura-pesan-nasi-rames-penipu-gasak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pura-pura Pesan Nasi Rames, Penipu Gasak Rp 25 Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pura-pura Pesan Nasi Rames, Penipu Gasak Rp 25 Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger