Pemain Indonesia Langsung Berlatih

Written By bopuluh on Senin, 25 Februari 2013 | 22.17

Jerman Terbuka

Pemain Indonesia Langsung Berlatih

Selasa, 26 Februari 2013 | 13:00 WIB

MULHEIM, Kompas.com - Meskipun baru tiba di kota Mulheim an der Ruhr, tim bulu tangkis Indonesia langsung menjalani sesi latihan pertama untuk mempersiapkan diri jelang German Open Grand Prix Gold 2013. Turnamen ini akan berlangsung di stadion RWE Sporthalle, mulai 26 Februari – 3 Maret mendatang.
 
Tiba di hotel, atlet diberi waktu selama empat jam untuk makan siang dan beristirahat sebelum menjalani sesi latihan petang pada pukul 17.30 – 18.30 waktu Mulheim. Latihan hari pertama tidak terlalu berat karena hanya bertujuan untuk pemanasan dan memulihkan stamina atlet sehabis menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 jam.
 
"Justru kalau habis perjalanan jauh, atlet butuh pemanasan agar tubuh mereka tidak kaku. Kalau tidak latihan, nanti saat tanding tubuh atlet tidak leluasa bergerak karena kaku" ujar Liang Chiu Sia, Kepala Pelatih Tunggal Putri PBSI yang mendampingi tim Indonesia ke Jerman.
 
Pemain Indonesia mayoritas akan bertanding lusa, Rabu (27/2). Hanya tiga wakil yang akan bertanding besok di babak kualifikasi, mereka adalah pasangan ganda putra Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan, ganda putri Vita Marissa/Variella Aprilsasi, serta pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Vita Marissa.

Pada ajang German Open Grand Prix Gold 2012, Indonesia berhasil menempatkan finalis di nomor tunggal putra lewat Simon Santoso. Tahun ini, Indonesia hanya mengirimkan tiga wakil yaitu Tommy Sugiarto, Wisnu Yuli Prasetyo dan Andre Kurniawan Tedjono.

Sementara Simon tak dapat tampil karena masih berada dalam proses penyembuhan dari penyakit gondongan.

Di antara ketiganya, Tommy memiliki peluang lebih besar. Unggulan kedelapan ini pada tahun lalu berhasil menembus babak semifinal. Tak heran jika ia kembali didaulat untuk menyamai prestasinya tahun lalu oleh sang pelatih.
 
"Untuk Tommy, targetnya minimal menyamai tahun lalu yaitu semifinal. Saat ini Tommy sedang dalam proses mengembalikan rasa percaya dirinya akibat prestasi yang kurang stabil belakangan ini" kata Joko Supriyanto, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI seperti dikutip badmintonindonesia.
 
Seperti diungkapkan Joko, pencapaian Tommy memang tak begitu cemerlang pada beberapa turnamen terakhir. Tahun lalu Tommy sempat bercokol di peringkat 16 dunia, kini ia harus terlempar dari jajaran 20 besar dan berada di posisi 24 dunia.
 
Melihat hasil undian di German GP Gold, Joko cukup optimis anak didiknya mampu melewati rintangan demi rintangan. Pada babak pertama, Tommy akan berhadapan dengan pemain Republik Ceko, Jan Frolich. Jika lolos, kemungkinan besar Chan Yan Kit (Hong Kong) sudah menanti di babak kedua. Pemain asal India, Ajay Jayaram juga diperkirakan akan bertemu Tommy di babak 16 besar.
 
Pada laga perdananya, Wisnu akan bertemu dengan wakil tuan rumah, Marcel Reuter. Pemain unggulan kesembilan, Chou Tien Chen (Taiwan) yang beberapa minggu lalu bermain di liga Indonesia, sepertinya akan menjadi lawan Wisnu di babak kedua.
 
"Sudah saatnya Wisnu bersinar di turnamen yang levelnya lebih tinggi, seperti di Jerman ini. Wisnu kami targetkan setidaknya bisa menembus babak perempat final. Saat ini rangkingnya masih 61, akhir tahun ia harus bisa tembus rangking 30 atau bahkan 20 besar" ujar Joko menambahkan.
 
Sementara itu, Andre juga akan menghadapi pemain tuan rumah, Yuhan Tan yang berdarah Indonesia. Seandainya lolos, besar kemungkinan ia akan ditunggu oleh Wong Wing Ki, pemain unggulan keempat asal Hong Kong yang juga keturunan Indonesia.
 

Editor :

A. Tjahjo Sasongko


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemain Indonesia Langsung Berlatih

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/02/pemain-indonesia-langsung-berlatih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemain Indonesia Langsung Berlatih

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemain Indonesia Langsung Berlatih

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger