Menjadi Ayah Berkualitas

Written By bopuluh on Senin, 25 Februari 2013 | 22.17

KOMPAS.com - Ayah punya peran sama pentingnya seperti ibu dalam pengasuhan anak. Ketiadaan ayah, baik secara fisik dan psikologis, akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Karenanya penting bagi ayah untuk menyadari bahwa ia juga punya tugas pengasuhan yang tak bisa ditinggalkan.

Ayah, dalam menjalankan tugas pengasuhannya, perlu memiliki keterampilan keayahan (fathering skill) agar bisa mendidik dan mengasuh anak dengan maksimal. Untuk menjadi ayah berkualitas, pastikan pengasuhan ayah bermakna dan menyeluruh.

Seperti apa ayah yang berkualitas? Irwan Rinaldi, pendiri komunitas Sahabat Ayah menyebutkan beberapa kriterianya. Kualitas ayah dalam mengasuh dan mendidik anak tercermin dalam kemampuannya menjadi teladan, pengarah, pendidik, pemberi nasihat, menjadi tempat mengadu, juga menjadi penggembala.

Untuk bisa memiliki kualitas ini, ayah perlu membuka telinganya lebar-lebar mendengarkan anak. Irwan juga menyarankan, sebaiknya hindari berceramah di depan anak, berdirilah di samping anak, berikan anak pilihan, tanggung jawab dan kepercayaan.

"Anak terutama usia 0-10 mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya termasuk ayah. Anak usia ini juga mencontoh keberanian dari ayahnya. Anak-anak juga butuh mengadu pada ayah. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, dari 100.000 anak, 70,000 di antaranya mengadu kepada ayah. Sayangnya, tak semua ayah menyalakan radar pengasuhannya," ungkap Irwan dalam talkshow  bertema "Pentingnya Waktu Berkalitas Bersama Ayah" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Yang juga penting, ayah perlu menjalankan perannya sebagai penggembala. "Ayah butuh mengarahkan anak, namun pastikan arahan sejalan dengan ibu," ungkapnya.

Editor :

wawa


Anda sedang membaca artikel tentang

Menjadi Ayah Berkualitas

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/02/menjadi-ayah-berkualitas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menjadi Ayah Berkualitas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menjadi Ayah Berkualitas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger