Basuki: Kita Tidak Akan Pindahkan Lurah Lenteng Agung

Written By bopuluh on Selasa, 27 Agustus 2013 | 23.17


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tidak akan memindahkan Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli hanya karena persoalan didemo oleh warganya. Dia mengatakan, posisi jabatan seseorang bukan ditentukan oleh demo, melainkan melalui kinerjanya.

"Kita tidak akan pernah pindahkan orang karena desakan demo orang," kata Basuki saat ditemui dalam acara Rakor Penanggulangan HIV Aids di DKI Jakarta, di Gedung LPMJ, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2013).

Menurut Basuki, menentukan posisi jabatan seseorang bukanlah atas desakan demonstrasi atapun masalah primodialisme. Tetapi, kata dia, penempatan seseorang pada posisi tertentu dikarenakan oleh kinerja meritokrasi orang tersebut.

Meritokrasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk sistem masyarakat yang memberikan tempat kepada mereka yang berprestasi untuk duduk sebagai pemimpin.

Basuki menyakini, meski demo dilakukan warga terhadap Lurah Lenteng Agung, hal itu tidak akan mengganggu kinerja lurah tersebut. Meski demikian, menurutnya perbuatan warga sekitar melakukan hal itu sudah merupakan perbuatan yang tidak benar.

"Enggak bisa. Dia mau demo terus enggak betul dong. Kalau kita ngalah gimana? Nah, sekarang kita mau mengalah?" ujar Basuki.

Selain itu, suami Veronica Tan ini memberikan contoh kasus masalah perbedaan seperti tokoh di Amerika Serikat Martin Luther King Jr yang memperjuangkan diskriminasi rasial di Amerika Serikat. Martin Luther King, menurutnya, sudah menyuarakan hal tersebut sejak 50 tahun silam.

"Masa Martin Luther King sudah teriak 50 tahun lalu. Dia bilang saya punya mimpi keempat anak saya nanti bukan ditentukan karena warna kulit. Jadi karena apa? Karena karakter moral," ujar Basuki.

Untuk itu, mantan Bupati Belitung Timur ini menegaskan tidak ada alasan bagi warga di sana untuk melakukan demo terhadap lurahnya sendiri. "Di mana ada alasan demo? Kita tangkap kalau tidak ada izin. Itukan dia enggak ada urusan," tandas Basuki.

Editor : Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki: Kita Tidak Akan Pindahkan Lurah Lenteng Agung

Dengan url

http://givesthecoloroflife.blogspot.com/2013/08/basuki-kita-tidak-akan-pindahkan-lurah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki: Kita Tidak Akan Pindahkan Lurah Lenteng Agung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki: Kita Tidak Akan Pindahkan Lurah Lenteng Agung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger